STRATEGI PEMASARAN DOMBA LOKAL (Ovis aries) BERBASIS ANALISIS SWOT BAGI PETERNAK DOMBA DI WILAYAH KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER

Show simple item record

dc.contributor.author Shomad, Abu
dc.contributor.author Sunarto, Sunarto
dc.contributor.author Aini, Fitria Nur
dc.date.accessioned 2024-07-08T06:55:53Z
dc.date.available 2024-07-08T06:55:53Z
dc.date.issued 2023-09-16
dc.identifier.other L.310-23173
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1942
dc.description.abstract Abdu Shomad, NIM. 04.09.19.428. Strategi Pemasaran Domba Lokal (Ovis aries) Berbasis Analisis SWOT bagi Peternak Domba di Wilayah Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Komisi Pembimbing: Dr. Ir. Sunarto, MP dan Fitria Nur Aini S. Pt, M. Si. Pada pelaksanaan budidaya ternak domba, pastinya akan berakhir di pemasaran. Pemasaran domba sangat penting dimana proses tersebut adalah penentu untung tidaknya peternak dalam pemeliharaan domba yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis saluran pemasaran, dan mengetahui efisiensi pemasaran yang dilakukan oleh peternak domba, serta mendapatkan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan domba bagi para peternak domba. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah Kecamatan Kencong Kabupaten Jember. Pengambilan sampel peternak dilakukan dengan purposive sampling dan didapati 15 sampel peternak, sedangkan untuk sampel pedagang dilakukan dengan snowball sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ialah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey untuk mengumpulkan data melalui observasi serta wawancara dengan menggunakan bantuan instrumen kuisioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran ternak domba yang ada di Kecamatan Kencong antara lain saluran pemasaran I (peternak – konsumen akhir Kencong), saluran pemasaran II (peternak – pedagang pengecer – konsumen akhir Kencong), saluran pemasaran III (peternak – pedagang besar – konsumen luar Kencong). Efisiensi pemasaran pada saluran pemasaran I, II dan III dinilai sudah efisien, dimana pada saluran pemasaran I dinilai sangat efisien. Dan saluran pemasaran II dan III juga dinilai efisien dengan nilai 1,33% dan 1,84%. Dan juga strategi pemasaran yang didapatkan dari analisis SWOT ialah saluran pemasaran I (meningkatkan jumlah ternak domba yang dipasarkan, pemenuhan kebutuhan domba dengan melakukan kerja sama dengan pedagang, meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen, dan menjalin relasi yang baik dengan pembeli atau konsumen). Saluran pemasaran II (meningkatkan jumlah ternak domba yang dipasarkan, pempertahankan dan mengutamakan kepuasan konsumen dalam pembelian domba, penjualan domba langsung dari kandang sehingga pembeli dapat memilih langsung, memberikan harga domba yang terjangkau namun masih memiliki keuntungan). Saluran pemasaran III (penjualan domba langsung dari kandang sehingga pembeli dapat memilih langsung, memberikan harga domba yang terjangkau namun masih memiliki keuntungan, meningkatkan jumlah ternak domba yang dipasarkan, pemenuhan kebutuhan domba dengan melakukan kerja sama dengan pedagang). Hasil tersebut akan dijadikan sebagai rujukan dalam penyusunan business plan en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan TA;L.310-23-23173
dc.subject Research Subject Categories::TECHNOLOGY en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN DOMBA LOKAL (Ovis aries) BERBASIS ANALISIS SWOT BAGI PETERNAK DOMBA DI WILAYAH KECAMATAN KENCONG KABUPATEN JEMBER en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account