Abstract:
Fifi Ayu Dwi Rachmawati. NIRM. 04.01.19.300. Analisis Komparasi Strategi
Pemasaran Online dan Offline Tanaman Anggrek di DD Orchid Nursery Desa
Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur. Komisi pembimbing: Dr. Ir.
Suhirmanto, M.Si dan Ir. Budianto, MP.
Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui perbandingan antara
penjualan melalui pemasaran online dan offline tanaman anggrek, mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam
pemasaran online dan offline tanaman anggrek, menyusun rancangan penyuluhan
tentang strategi pemasaran online tanaman anggrek, dan mengetahui
peningkatan pengetahuan petani mitra DD Orchid Nursery tentang strategi
pemasaran online tanaman anggrek.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan
analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji regresi linier berganda.
Sampel kajian adalah 20 konsumen online dan 20 konsumen offline dengan
menggunakan teknik quota sampling. Sedangkan sasaran penyuluhan adalah
petani mitra DD Orchid Nursery sejumlah 20 orang diambil menggunakan teknik
purposive sampling.
Hasil analisis perbandingan antara volume penjualan melalui pemasaran
online dan offline menggunakan Uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa pada
bulan februari didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,013 lebih kecil dari
taraf signifikansi yaitu α = 0,05 (0,013 < α = 0,05). Pada bulan maret didapatkan
nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,043 lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu α =
0,05 (0,043 < α = 0,05). Sehingga dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara volume penjualan melalui pemasaran online dan offline pada
bulan februari dan maret. Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi
keputusan pembelian konsumen sebagai berikut, pada keputusan pembelian
konsumen online faktor yang mempengaruhi ialah produk, tempat, dan promosi
karena didapatkan nilai signifikan < 0,05 dan nilai T hitung > T tabel 2,120. Secara
simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat karena
nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan nilai F hitung 26,979 > F tabel 3,01. Kemudian untuk
keputusan pembelian konsumen offline faktor yang mempengaruhi ialah produk
dan harga karena didapatkan nilai signifikan < 0,05 dan nilai T hitung > T tabel
2,120. Secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel
terikat karena nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan nilai F hitung 7,029 > F tabel 3,01.
Penyusunan rancangan penyuluhan sebagai berikut: tujuan untuk meningkatkan
pengetahuan petani mitra sebagai sasaran penyuluhan sebanyak 20 orang. Materi
penyuluhan yaitu strategi pemasaran 4P tanaman anggrek secara online. Metode
penyuluhan yang digunakan yaitu diskusi dengan pendekatan perorangan atau
anjangsana. Media penyuluhan yang digunakan yaitu folder dan video. Hasil
pelaksanaan evaluasi penyuluhan yang telah dilakukan, didapatkan skor pre test
sebesar 56,9% dengan kategori cukup dan skor post test sebesar 79% dengan
kategori tinggi. Berdasarkan hasil skor tersebut, terdapat peningkatan
pengetahuan petani mitra sebesar 22,1%.