Analisis komparasi strategi pemasaran online dan offlne tanaman anggrek di DD Orchid Nursery desa Dadaprejo kecamatan Junrejo kota Batu Jawa Timur

Show simple item record

dc.contributor.author Rachmawati, Fifi Ayu Dwi
dc.contributor.author Suhirmanto, Suhirmanto
dc.contributor.author Budianto, Budianto
dc.date.accessioned 2024-02-27T07:09:33Z
dc.date.available 2024-02-27T07:09:33Z
dc.date.issued 2023-10-16
dc.identifier.other L.310
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1854
dc.description.abstract Fifi Ayu Dwi Rachmawati. NIRM. 04.01.19.300. Analisis Komparasi Strategi Pemasaran Online dan Offline Tanaman Anggrek di DD Orchid Nursery Desa Dadaprejo Kecamatan Junrejo Kota Batu Jawa Timur. Komisi pembimbing: Dr. Ir. Suhirmanto, M.Si dan Ir. Budianto, MP. Tujuan penelitian ini adalah dapat mengetahui perbandingan antara penjualan melalui pemasaran online dan offline tanaman anggrek, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dalam pemasaran online dan offline tanaman anggrek, menyusun rancangan penyuluhan tentang strategi pemasaran online tanaman anggrek, dan mengetahui peningkatan pengetahuan petani mitra DD Orchid Nursery tentang strategi pemasaran online tanaman anggrek. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan uji Mann-Whitney dan uji regresi linier berganda. Sampel kajian adalah 20 konsumen online dan 20 konsumen offline dengan menggunakan teknik quota sampling. Sedangkan sasaran penyuluhan adalah petani mitra DD Orchid Nursery sejumlah 20 orang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis perbandingan antara volume penjualan melalui pemasaran online dan offline menggunakan Uji Mann-Whitney, menunjukkan bahwa pada bulan februari didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,013 lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu α = 0,05 (0,013 < α = 0,05). Pada bulan maret didapatkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) yaitu 0,043 lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu α = 0,05 (0,043 < α = 0,05). Sehingga dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara volume penjualan melalui pemasaran online dan offline pada bulan februari dan maret. Hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen sebagai berikut, pada keputusan pembelian konsumen online faktor yang mempengaruhi ialah produk, tempat, dan promosi karena didapatkan nilai signifikan < 0,05 dan nilai T hitung > T tabel 2,120. Secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat karena nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan nilai F hitung 26,979 > F tabel 3,01. Kemudian untuk keputusan pembelian konsumen offline faktor yang mempengaruhi ialah produk dan harga karena didapatkan nilai signifikan < 0,05 dan nilai T hitung > T tabel 2,120. Secara simultan variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat karena nilai signifikan 0,002 < 0,05 dan nilai F hitung 7,029 > F tabel 3,01. Penyusunan rancangan penyuluhan sebagai berikut: tujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani mitra sebagai sasaran penyuluhan sebanyak 20 orang. Materi penyuluhan yaitu strategi pemasaran 4P tanaman anggrek secara online. Metode penyuluhan yang digunakan yaitu diskusi dengan pendekatan perorangan atau anjangsana. Media penyuluhan yang digunakan yaitu folder dan video. Hasil pelaksanaan evaluasi penyuluhan yang telah dilakukan, didapatkan skor pre test sebesar 56,9% dengan kategori cukup dan skor post test sebesar 79% dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil skor tersebut, terdapat peningkatan pengetahuan petani mitra sebesar 22,1%. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan Tugas Akhir;L.310-23046
dc.subject Research Subject Categories::FORESTRY, AGRICULTURAL SCIENCES and LANDSCAPE PLANNING en_US
dc.subject Strategi pemasaran, pemasaran online, pemasaran offline, keputusan pembelian konsumen, tanaman anggrek en_US
dc.title Analisis komparasi strategi pemasaran online dan offlne tanaman anggrek di DD Orchid Nursery desa Dadaprejo kecamatan Junrejo kota Batu Jawa Timur en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account