RANCANGAN PENYULUHAN SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA TORONGREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmat, Yuyun
dc.contributor.author Nizar, Achmad
dc.contributor.author sawitri, Budi
dc.date.accessioned 2024-07-08T06:31:07Z
dc.date.available 2024-07-08T06:31:07Z
dc.date.issued 2023-09-16
dc.identifier.other L.310-230101
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1939
dc.description.abstract Yuyun Rahmat. NIRM. 04.01.19.357. Rancangan Penyuluhan Saluran dan Margin Pemasaran Bawang Merah di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Dosen Pembimbing: Achmad Nizar, SST.,M.Sc dan Dr. Budi Sawitri, SST,M.Si. Tugas akhir ini bertujuan untuk (1) mengetahui model saluran pemasaran bawang merah di desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, (2) mengetahui margin pemasaran bawang merah di desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, (3) menyusun rancangan penyuluhan tentang model saluran pemasaran bawang merah di desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, dan (4) mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap petani tentang model saluran pemasaran bawang merah di desa Torongrejo Kecamatn Junrejo Kota Batu. Tugas akhir dilaksanakan di Desa Torongrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Juni 2023. Kajian saluran dan margin pemasaran peneliti menggunakan metode survei dengan analisis statistik. Sasaran kajian dalam tugas akhir ini adalah petani yang ada di Desa Torongrejo dengan jumlah 52 petani yang tersebar di 7 kelompok tani yang membudidayakan bawang merah. Hasil kajian menunjukan bahwa terdapat 3 model saluran pemasaran, yaitu (1) model saluran pemasaran satu tingkat (petani – pengepul - konsumen) (2) model saluran pemasaran tiga tingkat (petani – pengepul – pedagang besar – pengecer – konsumen) (3) model saluran pemasaran tiga tingkat (petani – pengepul – pedagang besar luar daerah – pengecer – konsumen). Margin terbesar berada pada pedagang besar luar daerah dikarenakan biaya yang dikeluarkan pedagang besar pada saat pengiriman bawang merah. Rancangan penyuluhan disusun berdasarkan diseminasi inovasi kemudian disesuaikan berdasarkan tujuan penyuluhan, sasaran penyuluhan, materi penyuluhan, metode penyuluhan, media penyuluhan, dan evaluasi penyuluhan. Hasil evaluasi penyuluhan menunjukkan tingkat pengetahuan serta sikap petani yang membudidayakan bawang merah di Desa Torongrejo didasarkan pada tingkat persentase baik en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan TA;L.310-23-230101
dc.subject Bawang merah, margin, saluran pemasaran, tingkat pengetahuan, Sikap en_US
dc.title RANCANGAN PENYULUHAN SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN BAWANG MERAH DI DESA TORONGREJO KECAMATAN JUNREJO KOTA BATU en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account