STRATEGI PEMASARAN SUSU JAGUNG MELALUI DIGITAL MARKETING OLEH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN

Show simple item record

dc.contributor.author Zagita, Nadia Inggrid
dc.date.accessioned 2024-07-08T05:55:31Z
dc.date.available 2024-07-08T05:55:31Z
dc.date.issued 2023-09-16
dc.identifier.other L.310-23088
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1930
dc.description.abstract Nadia Ingrid Zagita, NIRM: 04.01.19.344 “Strategi Pemasaran Susu Jagung melalui Digital Marketing oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Desa Sidokumpul Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan”. Program studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang. Dosen Pembimbing satu Joko Gagung S., SP, M.Agr, Dosen Pembimbing dua Dr. Ir. Ugik Romadi, SST, M.Si. IPM. Strategi pemasaran menjadi hal yang akan mendukung keberlanjutan dan berkembangnya suatu usaha. Salah satu UMKM di Desa Sidokumpul merupakan pelopor produk olahan jagung yaitu minuman susu jagung di Kecamatan Lamongan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran melalui digital marketing berdasarkan analisis SWOT dan metode FGD, mengetahui efektifitas pemasaran susu jagung melalui digital marketing, menyusun rancangan penyuluhan pemasaran susu jagung berdasarkan hasil analisis strategi pemasaran, serta untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap terhadap digital marketing menggunakan deskriptif. Penelitian ini menghasilkan strategi terbaik yang didapatkan dari hasil analisis matrik SWOT dan strategi SO dipilih berdasarkan penilaian tertinggi yakni sebesar 4,15 dari keseluruhan strategi. Efektivitas pemasaran yang dilakukan berdasarkan penerapan strategi, mendapatkan nilai presentase sebesar 125% dan dinyatakan sangat efektif berdasarkan tingkatan efektivitas dimana nilai presentase lebih dari (>) 100%. Telah tersusun rancangan penyuluhan dengan tujuan yaitu untuk menumbuhkan adanya perubahan oleh sasaran secara terarah di Desa Sidokumpul. Sasaran dari penyuluhan yaitu pelaku usaha yang merupakan kelompok wanita di Desa Sidokumpul. Materi yang disampaikan yaitu ‘Strategi Pemasaran Susu Jagung melalui Digital marketing’. Media penyuluhan yang digunakan adalah power point (PPT), video kreatif, folder. Metode penyuluhan yakni ceramah, diskusi, dan demonstrasi cara. Serta evaluasi penyuluhan untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap sasaran. Hasil tingkat pengetahuan sasaran menunjukan presentase tinggi yakni dengan nilai 76%. Sedangkan pada tingkat sikap, sasaran menunjukan presentase nilai sebesar 82% dan dinyatakan dalam kategori sikap bertanggung jawab. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan TA;L.310-23-2388
dc.subject Strategi pemasaran; digital marketing; efektifitas pemasaran. en_US
dc.title STRATEGI PEMASARAN SUSU JAGUNG MELALUI DIGITAL MARKETING OLEH USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account