Rancangan penyuluhan pemanfaatan facebook sebagai alternatif pemasaran jagung pipil di desa Alasrejo kecamatan Wongsorejo kabupaten Banyuwangi

Show simple item record

dc.contributor.author Adawiyah, Robiyatul
dc.contributor.author Sawitri, Budi
dc.contributor.author Sutoyo, Sutoyo
dc.date.accessioned 2024-06-04T02:50:19Z
dc.date.available 2024-06-04T02:50:19Z
dc.date.issued 2023-10-16
dc.identifier.other L.310
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1883
dc.description.abstract Robiyatul Adawiyah, NIRM. 04.01.19.350 Rancangan Penyuluhan Pemanfaatan Facebook Sebagai Alternatif Pemasaran Jagung Pipil Di Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Komisi Pembimbing : Budi Sawitri dan Sutoyo Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui tingkat perbedaan penjualan jagung pipil secara konvensional dan facebook, 2) Mengetahui Rancangan Penyuluhan tentang pemanfaat facebook sebagai alternatif pemasaran jagung pipil , 3) Mengetahui pengetahuan dan sikap petani di Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-Mei 2023 berlokasi di Desa Alarejo. Metode pelaksanaan penelitian kuantitatif deskriptif menggunakan kuesioner skala likert dan uji t. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 45 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penjualan jagung pipil secara konvensional dan facebook, secara signifikan menunjukkan 0,06 hasil dari uji T berpasangan pada penjualan jagung pipil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan nyata antara petani jagung pipil. Namun, penjualan menggunakan facebook mempengaruhi cara jual jagung pipil di kelompok tani budidaya jagung Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi. Rancangan penyuluhan tentang pemanfaatan media facebook sebagai media pemasaran Desa Alasrejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi adalah: 1) Tujuan penyuluhan adalah pengetahuan dan sikap petani meningkat tentang pemanfaatan media facebook sebagai pemasaran jagung pipil; 2) Sasaran penyuluhan adalah anggota kelompok tani Desa Alasrejo; 3) Materi penyuluhan yang disampaikan adalah pemanfaatan media facebok sebagai pemasaran jagung pipil dan analisis tingkat penjualan jagung pipil menggunakan facebook dan konvensional; 4) Metode penyuluhan yang digunakan adalah metode pendekatan individu dan penedekatan kelompok dengan diskusi dan tanya jawab; 5) Media penyuluhan digunakan adalah ppt; 6) Hasil evaluasi mengenai aspek pengetahuan dan sikap. Hasil evaluasi penyuluhan aspek pengetahuan sebesar 60% (pre test) dalam kategori cukup, dan hasil post test sebesar 84% yang berarti tergolong kategori tinggi sehingga terjadi peningkatan 24% pengetahuan secara signifikan. Pada aspek sikap menunjukkan sebesar 55% (pre test) dalam kategori cukup, dan hasil post test sebesar 85% dalam kategori tinggi sehingga terjadi peningkatan 30% secara signifikan. Hasil Evaluasi di uji T untuk mengetahui terjadi perbedaan atau tidak, setelah dilakukan uji T Berpangan menunjukkan bahwa terjadi singnifikan yang menunjuukan 0,00 hasil dari uji t berpasangan. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan Tugas Akhir;L.310-23094
dc.subject Research Subject Categories::FORESTRY, AGRICULTURAL SCIENCES and LANDSCAPE PLANNING en_US
dc.subject Facebook, Jagung, Petan en_US
dc.title Rancangan penyuluhan pemanfaatan facebook sebagai alternatif pemasaran jagung pipil di desa Alasrejo kecamatan Wongsorejo kabupaten Banyuwangi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account