Abstract:
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang
dilakukan pada bulan Juli -November 2014 di Propinsi Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini
dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan pertimbangan bahwa Propinsi Jawa
Timur merupakan lumbung padi nasional dan merupakan barometer pembangunan
pertanian di Indonesia. Lokasi penelitian adalah Kabupaten Banyuwangi, Nganjuk, Kediri
dan Blitar. Alasan pemilihan kabupaten tersebut adalah berdasarkan data dan rekomendasi
dari BPTP Jawa Timur bahwa kabupaten tersebut merupakan kabupaten yang Gapoktan
berprestasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui tingkat kepuasan anggota
Gapoktan PUAP terhadap pelayanan Gapoktan PUAP di Propinsi Jawa Timur, melalui
analisis atribut kualitas Gapoktan PUAP Jawa Timur berdasarkan tingkat kepentingan dan
kepuasan anggota Gapoktan PUAP, 2) menganalsis strategi penguatan kapasitas
Kklompoktani berdasarkan persepsi dan harapan anggota Gabungan Kelompoktani di
Propinsi Jawa Timur. Analisis data yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan
anggota GAPOKTAN terhadap pelayanan GAPOKTAN di Propinsi Jawa Timur
menggunakan analisis Customer Satisfaction Index, sedangkan untuk menentukan strategi
peningkatan kapasitas gabungan Kelompoktani di Propinsi Jawa Timur menggunakan
metode analisis Importance Performance Analysis (IPA)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Tingkat kepuasan pengguna terhadap
layanan adalah 73,80
Artinya pengguna merasa puas atas kinerja pelayanan pengurus
Gapoktan PUAP di Jawa Timur tetapi kinerja yang diberikan belum maksimal, 2) Untuk
peningkatan kualitas layanan Gapoktan PUAP di Jawa Timur, pihak pengurus Gapoktan
barns segera memperbaiki atribut sebagai berikut : a) tampilan ruang kantor Gapoktan
yang lebih tertata, bersih dan rapi, b) pelayanan Gapoktan harus sudah berbasis komputer,
c) pelayanan petugas sesuai watu yang telah ditentukan, dan d) pelayanan karyawan
gapoktan dalam memberikan informasi tentang peluang-peluang usaha tani