ANALISIS DINAMIKA POLA PEMASARAN KOMODITAS MANGGA (Mangifera indica L) DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN

Show simple item record

dc.contributor.author Rahma, Pinky Aurellia Hijratur
dc.date.accessioned 2025-12-04T03:00:44Z
dc.date.available 2025-12-04T03:00:44Z
dc.date.issued 2025-10-16
dc.identifier.other L.310
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/2009
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi petani mangga di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan yang belum memperoleh hasil maksimal dari penjualan hasil panennya. Meskipun desa ini merupakan sentra produksi mangga, banyak petani masih menjual kepada pengepul dengan harga yang tidak sebanding dengan biaya produksi yang dikeluarkan. Permasalahan semakin kompleks karena rendahnya pemahaman petani terhadap pola pemasaran yang efisien, margin pemasaran, serta farmer’s share. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini : 1) Mengetahui dinamika pola pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan pendapatan lembaga pemasaran mangga di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan; 2) Mengetahui cara penyusunan rancangan penyuluhan mengenai pola pemasaran mangga yang paling efisien di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan; 3) Mengetahui peningkatan pengetahuan dan tingkat sikap petani mengenai pola pemasaran mangga yang paling efisien di Desa Wonokerto Kecamatan Sukorejo Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini berlokasi di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Dilaksanakan pada bulan Januari hingga April 2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Responden penelitian terdiri dari 58 orang untuk aspek ekonomi, dan 30 orang petani yang terlibat dalam evaluasi penyuluhan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan observasi langsung di lapangan. Penelitian ini menggunakan analisis pola pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share dan efisiensi pemasaran. Variabel dalam penelitian ini adalah pola saluran pemasaran, biaya produksi, margin pemasaran, farmer’s share, biaya pemasaran dan efisiensi pemasaran. Hasil dari kegiatan penelitian ini menunjukan bahwa : 1) terdapapat 3 pola pemasaran komoditas mangga di Desa Wonokerto, pola pemasaran yang paling efisien adalah pola pemasaran 1 karena memiliki nilai margin pemasaran sebesar Rp 0, farmer’s share 100% dan efisiensi pemasaran sebesar 0%, petani pada pola I memperoleh pendapatan sebesar Rp 9.935/Kg, pada pola II sebesar Rp 7.653/Kg dan pola III sebesar 7.300/Kg. Sementara itu, pendapatan yang diperoleh oleh pengepul pada pola II adalah Rp 5.745 dan pola III sebesar Rp 5.245/Kg, pedagang luar kota Rp 5.330/kg, dan pengecer sebesar Rp 4.750/kg; 2) rancangan penyuluhan disusun menggunakan hasil IPW dengan penetapan tujuan, sasaran, materi, metode, media dan evaluasi; 3) pada kegiatan penyuluhan terdapat peningkatan pengetahuan yang yang semula 43,33% menjadi 79,26%. Sementara itu, evaluasi terhadap sikap menunjukkan bahwa 84,71% petani berada dalam kategori sangat tinggi, yang menunjukkan bahwa materi penyuluhan dapat diterima dengan sangat baik oleh para petani. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Tugas Akhir;L.310-25024
dc.subject Mangga, saluran pemasaran, efisiensi pemasaran en_US
dc.title ANALISIS DINAMIKA POLA PEMASARAN KOMODITAS MANGGA (Mangifera indica L) DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2025
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2025

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account