RANCANGAN PENYULUHAN STRATEGI PENYELARASAN PRODUKSI DAN PEMASARAN MANGGA PUTAR PASURUAN (GADUNG KLONAL 21) DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN BERBASIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN

Show simple item record

dc.contributor.author Maghrobi, Aghitsni Aulia
dc.date.accessioned 2025-11-19T05:38:13Z
dc.date.available 2025-11-19T05:38:13Z
dc.date.issued 2025-10-16
dc.identifier.other L.310
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1969
dc.description.abstract Mangga Putar Pasuruan (Gadung Klonal 21) merupakan komoditas unggulan khas Desa Wonokerto, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan. Meskipun potensinya besar, petani belum menyesuaikan strategi produksi dan pemasaran berbasis preferensi konsumen secara optimal. Kurangnya pemahaman terhadap atribut produk yang disukai konsumen menyebabkan kurang efisiennya strategi pemasaran yang dijalankan. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen dan preferensi konsumen terhadap atribut Mangga Putar Pasuruan, menghitung willingness to pay (WTP), serta merancang dan mengevaluasi penyuluhan strategi penyelarasan produksi dan pemasaran berbasis preferensi konsumen. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Discrete Choice Experiment (DCE). Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, conditional logit dan marginal Willingness to Pay (mWTP). Jumlah responden sebanyak 139 orang yang diperoleh melalui perhitungan mengikuti prinsip rule of thumb. Selain itu, penyusunan rancangan penyuluhan dilakukan dengan pendekatan partisipatif kepada petani Mangga Putar Pasuruan di Desa Wonokerto. Materi yang disampaikan mencakup strategi penyelarasan produksi dan pemasaran berdasarkan hasil analisis preferensi konsumen. Media yang digunakan berupa ppt dan folder. Metode penyuluhan dilakukan dengan ceramah dan diskusi kelompok. Evaluasi penyuluhan dilakukan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan dan tingkat sikap petani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik konsumen didominasi oleh perempuan, berusia 26–45 tahun, berpendidikan sarjana, dengan mayoritas bekerja sebagai pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan swasta serta berpenghasilan antara Rp1.000.000 – Rp3.000.000 per bulan. Atribut yang paling disukai konsumen secara berturut-turut adalah rasa manis, ukuran besar, harga terjangkau dan kemasan kardus besar. Selain itu, terdapat atribut yang disukai oleh konsumen berdasarkan sosiodemografinya, menunjukkan bahwa preferensi konsumen berbeda sesuai dengan karakteristik masing-masing. Konsumen bersedia membayar lebih (WTP) untuk atribut-atribut tersebut, dengan nilai tertinggi pada atribut rasa manis. Implementasi penyuluhan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor pengetahuan sebesar 44,85%, efektivitas perubahan perilaku sebesar 66,32% dan tingkat sikap sebesar 85,82% pada 45 petani sasaran. Penyuluhan berbasis preferensi konsumen dapat meningkatkan kesadaran petani terhadap pentingnya penyelarasan produksi dan pemasaran untuk memahami atribut produk yang diinginkan konsumen, sehingga petani dapat merancang strategi produksi dan promosi secara tepat sesuai segmen pasar. Dengan demikian, kegiatan penyuluhan dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan dukungan dari penyuluh pertanian, dinas terkait, dan lembaga pemasaran untuk mendukung peningkatan kapasitas petani dalam pengembangan Mangga Putar Pasuruan yang berdaya saing. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Tugas Akhir;L.310-25003
dc.subject Mangga putar Pasuruan, preferensi konsumen, Discrete Choice Experiment(DCE), Willingness to Pay (WTP), karakteristik konsumen, strategi penyelarasan produksi dan pemasaran en_US
dc.title RANCANGAN PENYULUHAN STRATEGI PENYELARASAN PRODUKSI DAN PEMASARAN MANGGA PUTAR PASURUAN (GADUNG KLONAL 21) DI DESA WONOKERTO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PASURUAN BERBASIS PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT PRODUK DAN KARAKTERISTIK KONSUMEN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2025
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2025

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account