PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK SUSU KACANG HIJAU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN

Show simple item record

dc.contributor.author PUTRI, SHINTA FEBRIANA IKA MARDIANA
dc.contributor.author Romadi, Ugik
dc.contributor.author Gunawan, Gunawan
dc.date.accessioned 2024-07-08T06:15:22Z
dc.date.available 2024-07-08T06:15:22Z
dc.date.issued 2023-09-16
dc.identifier.other L.310-23066
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1935
dc.description.abstract Shinta Febriana Ika Mardiana Putri, NIRM 04.01.19.351, Peningkatan Penjualan Produk Susu Kacang Hijau Menggunakan Media Sosial Instagram di UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Dosen Pembimbing Dr. Ir. Ugik Romadi, SST., M.Si., IPM dan Dr. Gunawan, SP., M.Si. Berdasarkan hasil identifikasi potensi wilayah, Desa Sidokumpul merupakan salah satu desa di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan yang memiliki UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memproduksi susu kacang hijau, dengan merek dagang “Kirana Mung Bean Milk”. Susu kacang hijau tersebut telah dikemas dan diberi label pemasaran dengan menarik. Namun, pemasaran susu kacang hijau belum dilakukan secara optimal sehingga diperlukan suatu upaya peningkatan penjualan produk susu kacang hijau. Salah satu upaya pemasaran yang dikembangkan melalui internet yaitu media sosial. Instagram memberikan peran penting bagi pelaku bisnis yang menggunakannya sebagai media pemasarannya. Pemasaran dengan menggunakan aplikasi Instagram dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan pada aplikasi Instagram seperti, akun profil bisnis, Instagram Stories, Instagram Reels, Instagram Ads, Instagram Highlights, dan masih banyak fitur-fitur lainnya. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan (action research) melalui data kuantitatif dan kualitatif. Konsep Sugiyono terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil dari data yang diperoleh pada saat Identifikasi Potensi Wilayah (IPW), jumlah anggota Kelompok Wanita UMKM di Desa Sidokumpul yaitu sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus sampling. Analisis tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap digunakan tabulasi menggunakan Ms. Excel dan SPSS 22 dengan melihat nilai rata-rata pre test dan post test setiap siklus kemudian dibandingkan siklus mana yang memiliki nilai rata-rata terbaik. Sasaran penyuluhan yaitu Kelompok Wanita UMKM Desa Sidokumpul, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Materi Penyuluhan adalah upaya peningkatan penjualan produk susu kacang hijau menggunakan media sosial Instagram. Metode Penyuluhan ceramah, diskusi kelompok, dan praktek. Media Penyuluhan berupa PPT, leaflet, folder, media elektronik dan evaluasi penyuluhan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, tingkat sikap, dan tingkat keterampilan. Hasil evaluasi menunjukkan hasil persentase peningkatan aspek pengetahuan pre test sebesar 66% masuk dalam kategori menggunakan dan post test sebesar 91,5% masuk dalam kategori mensintesis. Hasil peningkatan pengetahuan sebesar 25,58% dan untuk EPP sebesar 75,11% yang termasuk dalam kategori efektif. Pengukuran aspek sikap sebesar 82,87% masuk dalam kategori menghargai. Untuk pengukuran aspek keterampilan sebesar 87,89% masuk dalam kategori terampil. Dan jika dilihat dari aspek tingkat keterampilan menurut Robbins, maka skor tersebut termasuk dalam tingkat Problem Solving. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan TA;L.310-23-23095
dc.subject susu kacang hijau, UMKM, Instagram, action research en_US
dc.title PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK SUSU KACANG HIJAU DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) DESA SIDOKUMPUL KECAMATAN LAMONGAN KABUPATEN LAMONGAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account