dc.description.abstract |
Shinta Febriana Ika Mardiana Putri, NIRM 04.01.19.351, Peningkatan
Penjualan Produk Susu Kacang Hijau Menggunakan Media Sosial Instagram di
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Desa Sidokumpul, Kecamatan Lamongan,
Kabupaten Lamongan. Dosen Pembimbing Dr. Ir. Ugik Romadi, SST., M.Si., IPM
dan Dr. Gunawan, SP., M.Si.
Berdasarkan hasil identifikasi potensi wilayah, Desa Sidokumpul merupakan
salah satu desa di Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan yang memiliki
UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memproduksi susu kacang hijau,
dengan merek dagang “Kirana Mung Bean Milk”. Susu kacang hijau tersebut telah
dikemas dan diberi label pemasaran dengan menarik. Namun, pemasaran susu
kacang hijau belum dilakukan secara optimal sehingga diperlukan suatu upaya
peningkatan penjualan produk susu kacang hijau. Salah satu upaya pemasaran
yang dikembangkan melalui internet yaitu media sosial. Instagram memberikan
peran penting bagi pelaku bisnis yang menggunakannya sebagai media
pemasarannya. Pemasaran dengan menggunakan aplikasi Instagram dilakukan
dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan pada aplikasi Instagram
seperti, akun profil bisnis, Instagram Stories, Instagram Reels, Instagram Ads,
Instagram Highlights, dan masih banyak fitur-fitur lainnya.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan penelitian tindakan (action research) melalui data kuantitatif dan
kualitatif. Konsep Sugiyono terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan
(planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting).
Berdasarkan hasil dari data yang diperoleh pada saat Identifikasi Potensi Wilayah
(IPW), jumlah anggota Kelompok Wanita UMKM di Desa Sidokumpul yaitu
sebanyak 25 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh
atau sensus sampling. Analisis tingkat pengetahuan, keterampilan dan sikap
digunakan tabulasi menggunakan Ms. Excel dan SPSS 22 dengan melihat nilai
rata-rata pre test dan post test setiap siklus kemudian dibandingkan siklus mana
yang memiliki nilai rata-rata terbaik.
Sasaran penyuluhan yaitu Kelompok Wanita UMKM Desa Sidokumpul,
Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan. Materi Penyuluhan adalah upaya
peningkatan penjualan produk susu kacang hijau menggunakan media sosial
Instagram. Metode Penyuluhan ceramah, diskusi kelompok, dan praktek. Media
Penyuluhan berupa PPT, leaflet, folder, media elektronik dan evaluasi penyuluhan
untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, tingkat sikap, dan tingkat
keterampilan.
Hasil evaluasi menunjukkan hasil persentase peningkatan aspek
pengetahuan pre test sebesar 66% masuk dalam kategori menggunakan dan post
test sebesar 91,5% masuk dalam kategori mensintesis. Hasil peningkatan
pengetahuan sebesar 25,58% dan untuk EPP sebesar 75,11% yang termasuk
dalam kategori efektif. Pengukuran aspek sikap sebesar 82,87% masuk dalam
kategori menghargai. Untuk pengukuran aspek keterampilan sebesar 87,89%
masuk dalam kategori terampil. Dan jika dilihat dari aspek tingkat keterampilan
menurut Robbins, maka skor tersebut termasuk dalam tingkat Problem Solving |
en_US |