dc.contributor.author |
Pratiwi, Nanda Restu |
|
dc.contributor.author |
Suhirmanto, Suhirmanto |
|
dc.contributor.author |
Budianto, Budianto |
|
dc.date.accessioned |
2024-06-03T14:49:16Z |
|
dc.date.available |
2024-06-03T14:49:16Z |
|
dc.date.issued |
2023-10-16 |
|
dc.identifier.other |
L.310 |
|
dc.identifier.uri |
https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1873 |
|
dc.description.abstract |
Nanda Restu Pratiwi, 04.01.19.345. Efektivitas Penyampaian Komunikasi
Pemasaran Melalui Instagram Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli
Instan Lidah Buaya (Aloevera) Di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu.
Dosen Pembimbing Pertama Dr. Ir Suhirmanto, M.Si, Dosen Pembimbing kedua
Ir. Budianto, MP dan Dosen Penguji M.Saikhu, SP,M.Agr.
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji 1) pengaruh kualitas penyampaian
komunikasi pemasaran melalui Instagram terhadap efektivitas penyampaian
komunikasi pemasaran 2) pengaruh kuantitas penyampaian komunikasi
pemasaran melalui Instagram terhadap efektivitas penyampaian komunikasi
pemasaran 3) pengaruh kualitas dan kuantitas penyampaian komunikasi
pemasaran secara simultan melalui Instagram terhadap efektivitas penyampaian
komunikasi pemasaran 4) efektivitas penyampaian komunikasi pemasaran
terhadap keputusan konsumen instan lidah buaya agar kelompok wanita tani
sumber rejeki mengetahui penyampaian informasi pemasaran melalui instagram.
Lokasi kajian ditentukan di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu penetapan
sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah sebanyak 30
responden konsumen akun instagram kwt sumber rejeki.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) kualitas instagram dapat tertulis
seperti pencantuman jangka waktu pemesanan produk dan stok produk. 2)
kuantitas instagram menentukan frekuensi informasi yang diunggah secara
berulang. Intensitas postingan 2-5 kali unggahan dalam satu hari 3) kualitas dan
kuantitas berpengaruh signifikan namun kualitas berpengaruh lebih besar
dibandingkan kuantitas nilai signifikan masing-masing sebesar 106,3% dan 95,9%
4) efektivitas penyampaian komunikasi pemasaran berpengaruh signifikan
terhadap keputusan konsumen instan lidah buaya karena komunikasi yang
menarik dapat meningkatkan penjualan dan memberikan efek positif melalui
instagram. efektivitas pemasaran instan lidah buaya oleh KWT Sumber Rejeki
sangat efektif karena yang terjual 30 instan liah buaya atau 133% dari tarhet yang
telah ditentukan maka pemasaran yang dilakukan oleh KWT Sumber Rejeki sudah
bisa dikatakan sangat efektif.
Implementasi rancangan penyuluhan disusun dengan tujuan untuk
memberikan pengetahuan dan ketrampilan petani mengenai kualitas dan kuantitas
penyampaian komunikasi pemasaran melalui instagram. Sasaran penyuluhan
adalah Kelompok Wanita Tani Sumber Rejeki dengan jumlah 30 orang. materi
yang telah disampaikan mengenai kualitas dan kuantitas melalui instagram
terhadap keputusan konsumen dengan menggunakan media folder dan benda
sesungguhnya, Metode yang digunakan adalah ceramah, diskusi dan demostrasi
cara.
Hasil evaluasi penyuluhan pertanian menunjukkan bahwa tingkat
pengetahuan sebelum dilaksanakan sebesar sebesar 45% dan tingkat
pengetahuan penyuluhan sebesar 92% sangat tinggi. maka terjadi peningkatan
pengetahuan sasaran sebesar 45% dikategorikan cukup. Tingkat ketrampilan
sebanyak 27 orang terampil dan 3 orang yang belum terampil. |
en_US |
dc.publisher |
Polbangtan Malang |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Laporan Tugas Akhir;L.310-23089 |
|
dc.subject |
Research Subject Categories::FORESTRY, AGRICULTURAL SCIENCES and LANDSCAPE PLANNING |
en_US |
dc.subject |
Instagram, Efektivitas Penyampaian Komunikasi Pemasaran, Kualitas dan kuantitas, Keputusan Konsumen |
en_US |
dc.title |
Efektivitas penyampaian komunikasi pemasaran melalui instagram terhadap keputusan konsumen untuk membeli instan lidah buaya (Aloe Vera) di desa Tlekung kecamatan Junrejo kota Batu |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |