dc.description.abstract |
Hadatul Naba Inza, NIRM. 04.01.19.301. Rancangan Penyuluhan Strategi
Branding (Packaging dan Labeling) Produk Cookies dan Sambal Bawang Merah
(Studi Kasus Program Upland: KWT di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang).
Komisi Pembimbing: Dr. Gunawan , SP., M.Si dan Rika Despita, SST., MP.
Program UPLAND PROJECT merupakan proyek pengembangan sistem
pertanian terpadu di daerah dataran tinggi yang dikembangkan pemerintah
Indonesia sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan
pendapatan petani, kegiatan pertanian ini fokus pada daerah dataran tinggi yang
komprehensif mulai dari pengembangan on-farm sampai dengan off-farm.
Kelompok yang terintervensi program upland adalah KWT Ratu Lebah dan
Sumber Makmur. Dari kegiatan pengolahan salah satu produk yang dihasilkan
yaitu cookies dan sambel bawang merah yang sudah dipasarkan melalui pameran
dan ibu-ibu sekitar. Seiring dengan berjalannya kegiatan anggota KWT ini tidak
lepas dari berbagai masalah yang terjadi, permasalaahan yang ditemukan yaitu
masih sederhanannya label dan kemasan yang digunakan pada produk olahan
cookies dan sambel bawang merah. Berkenaan dengan itu, maka diperlukan
solusi untuk mengatasi permasalaahan tersebut, dimana akan dilakukannya
penyuluhan mengenai strategi Branding (pelabelan dan packaging) pada KWT di
kecamatan Pujon kabupaten Malang. Tugas akhir ini bertujuan untuk: 1.)
Mendiskripsikan cara strategi Branding (packaging dan labeling) pada cookies dan
sambel bawang merah di Kecamatan Pujon; 2) merumuskan rancangan
penyuluhan tentang strategi branding (packaging dan labeling) cookies dan
sambel bawang merah di Kecamatan Pujon; 3.) menganalisis peningkatan
pengetahuan, tingkat sikap dan tingkat keterampilan anggota KWT mengenai
strategi branding (packaging dan labeling) cookies dan sambel bawang merah di
Kecamatan Pujon.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research).
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Serta penentuan materi menggunakan analisis SWOT dan evaluasi akan
didasarkan pada peningkatan pengetahuan, tingkat keterampilan, dan sikap
anggota KWT.
Hasil penelitian menunjukan strategi branding (packaging dan labeling)
produk cookies dan sambal bawang merah yang dilakukan dengan cara
menggunakan logo yang sesuai, memberikan pesan tagline brand,
mengintregrasikan brand, melakukan soft campaign atau bisa dikatakan
kampanye secara halus,dan konsisten. Serta inovasi packaging yang diberikan
pada produk cookies dan sambal bawang merah dengan pilihan kemasan standing
pouch dan sachet. Penyuluhan dilaksanakan sebanyak empat kali. Rancangan
penyuluhan disusun berdasarkan tujuan, sasaran, materi, metode, media, dan
evaluasi penyuluhan. Hasil evaluasi penyuluhan Hasil evaluasi penyuluhan
peningkatan pengetahuan 25 orang penerima program Upland di Kecamatan
Pujon Kabupaten Malang mengenai strategi branding (packaging dan labeling)
sebesar 43,5% , Kemudian untuk tingkat sikap 92 didapatkan hasil sebesar 88%
dengan kategori sangat tinggi dan pada tingkatan sikap tanggung jawab.
Sedangkan untuk tingkat keterampilan memperoleh hasil sebesar 96% dikatakan
terampil dengan responden sebanyak 19 orang, sisanya tidak terampil dengan
presentase 4% dengan responden sebanyak 6 orang. |
en_US |