Rancangan penyuluhan strategi branding (packaging dan labeling) produk cookies dan sambal bawang merah (studi kasus program upland : KWT di kecamatan Pujon kabupaten Malang)

Show simple item record

dc.contributor.author Inza, Hadatul Naba
dc.contributor.author Gunawan, Gunawan
dc.contributor.author Despita, Rika
dc.date.accessioned 2024-02-28T03:06:38Z
dc.date.available 2024-02-28T03:06:38Z
dc.date.issued 2023-10-16
dc.identifier.other L.310
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1856
dc.description.abstract Hadatul Naba Inza, NIRM. 04.01.19.301. Rancangan Penyuluhan Strategi Branding (Packaging dan Labeling) Produk Cookies dan Sambal Bawang Merah (Studi Kasus Program Upland: KWT di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Komisi Pembimbing: Dr. Gunawan , SP., M.Si dan Rika Despita, SST., MP. Program UPLAND PROJECT merupakan proyek pengembangan sistem pertanian terpadu di daerah dataran tinggi yang dikembangkan pemerintah Indonesia sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan pendapatan petani, kegiatan pertanian ini fokus pada daerah dataran tinggi yang komprehensif mulai dari pengembangan on-farm sampai dengan off-farm. Kelompok yang terintervensi program upland adalah KWT Ratu Lebah dan Sumber Makmur. Dari kegiatan pengolahan salah satu produk yang dihasilkan yaitu cookies dan sambel bawang merah yang sudah dipasarkan melalui pameran dan ibu-ibu sekitar. Seiring dengan berjalannya kegiatan anggota KWT ini tidak lepas dari berbagai masalah yang terjadi, permasalaahan yang ditemukan yaitu masih sederhanannya label dan kemasan yang digunakan pada produk olahan cookies dan sambel bawang merah. Berkenaan dengan itu, maka diperlukan solusi untuk mengatasi permasalaahan tersebut, dimana akan dilakukannya penyuluhan mengenai strategi Branding (pelabelan dan packaging) pada KWT di kecamatan Pujon kabupaten Malang. Tugas akhir ini bertujuan untuk: 1.) Mendiskripsikan cara strategi Branding (packaging dan labeling) pada cookies dan sambel bawang merah di Kecamatan Pujon; 2) merumuskan rancangan penyuluhan tentang strategi branding (packaging dan labeling) cookies dan sambel bawang merah di Kecamatan Pujon; 3.) menganalisis peningkatan pengetahuan, tingkat sikap dan tingkat keterampilan anggota KWT mengenai strategi branding (packaging dan labeling) cookies dan sambel bawang merah di Kecamatan Pujon. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Serta penentuan materi menggunakan analisis SWOT dan evaluasi akan didasarkan pada peningkatan pengetahuan, tingkat keterampilan, dan sikap anggota KWT. Hasil penelitian menunjukan strategi branding (packaging dan labeling) produk cookies dan sambal bawang merah yang dilakukan dengan cara menggunakan logo yang sesuai, memberikan pesan tagline brand, mengintregrasikan brand, melakukan soft campaign atau bisa dikatakan kampanye secara halus,dan konsisten. Serta inovasi packaging yang diberikan pada produk cookies dan sambal bawang merah dengan pilihan kemasan standing pouch dan sachet. Penyuluhan dilaksanakan sebanyak empat kali. Rancangan penyuluhan disusun berdasarkan tujuan, sasaran, materi, metode, media, dan evaluasi penyuluhan. Hasil evaluasi penyuluhan Hasil evaluasi penyuluhan peningkatan pengetahuan 25 orang penerima program Upland di Kecamatan Pujon Kabupaten Malang mengenai strategi branding (packaging dan labeling) sebesar 43,5% , Kemudian untuk tingkat sikap 92 didapatkan hasil sebesar 88% dengan kategori sangat tinggi dan pada tingkatan sikap tanggung jawab. Sedangkan untuk tingkat keterampilan memperoleh hasil sebesar 96% dikatakan terampil dengan responden sebanyak 19 orang, sisanya tidak terampil dengan presentase 4% dengan responden sebanyak 6 orang. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan Tugas Akhir;L.310-23047
dc.subject Research Subject Categories::FORESTRY, AGRICULTURAL SCIENCES and LANDSCAPE PLANNING en_US
dc.subject Strategi Branding, Produk,Upland en_US
dc.title Rancangan penyuluhan strategi branding (packaging dan labeling) produk cookies dan sambal bawang merah (studi kasus program upland : KWT di kecamatan Pujon kabupaten Malang) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account