Peningkatan penjualan aneka produk olahan cokelat menggunakan media online tiktok di Doesoen Kakao kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi

Show simple item record

dc.contributor.author Ananda, Fridha Asmi
dc.contributor.author Sutoyo, Sutoyo
dc.contributor.author Saikhu, Muhammad
dc.date.accessioned 2024-02-28T02:58:38Z
dc.date.available 2024-02-28T02:58:38Z
dc.date.issued 2023-10-16
dc.identifier.other L.310
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/1855
dc.description.abstract Fridha Asmi Ananda, NIRM 04.01.19.333, Peningkatan penjualan aneka produk Olahan Cokelat Menggunakan Media Online TikTok di Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Pembimbing Sutoyo, S.P, MP dan M. Saikhu ,S.P, Magr. Sektor olahan cokelat merupakan salah satu keunggulan olahan pertanian yang ada di banyuwangi, Agrowisata Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore menjadikan produk olahan cokelat sebagai salah satu keunggulan produk yang tersedia di Doesoen Kakao. Namun adanya potensi peningkatan penjualan yang masih belum dikembangkan dalam cara mempromosikan produk olahan cokelat. Tujuan pelaksanaan kajian adalah 1) Mengetahui penggunaan Media Online TikTok dalam peningkatan penjualan, 2) Mengetahui proses pembuatan serta penggunaan Media Online TikTok serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan penjualan, 3) Mampu menyusun rancangan penyuluhan tentang proses pembuatan serta penggunaan Media Online TikTok serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan penjualan, 4) Mengetahui peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembuatan serta penggunaan Media Online TikTok serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan penjualan. Pelaksanaan kajian dilakukan di Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore pada bulan Februari sampai bulan Maret 2023. 1) Metode penelitian yang digunakan adalah diskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik sampling jenuh 2) Penyusunan rancangan penyuluhan bertujuan agar pengelola Doesoen Kakao mengetahui proses pembuatan serta penggunaan Media Online TikTok serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan penjualan dengan menggunakan metode diskusi dan pendekatan kelompok. Alat bantu yang digunakan yaitu PPT dan benda nyata (TikTok), 3) Evaluasi Penyuluhan diukur untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan dengan metode analisis deskriptif kuantitatif Hasil pelaksanaan tugas akhir adalah 1) Terdapat perbedaan yang signifikan antara rerata penjualan aneka produk olahan cokelat sebelum dan sesudah pengunaan media TikTok dengan rata-rata sebelum menggunakan TikTok terjual sejumlah 8 produk per harinya dan rata-rata setelah menggunakan TikTok tejual 12 produk perharinya, 2) Proses pembuatan serta menggunakan media TikTok Shop untuk mempromosikan aneka produk olahan Cokelat di Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore ini disesuaikan dengan prosedur atau langkah-langkah yang telah dibuat, 3) Penyusunan rancangan penyuluhan terdiri dari 4 aspek yaitu Materi, Metode, media, serta evaluasi yang dilakukan yaitu evaluasi peningkatan aspek pengetahuan dan keterampilan, 4) Setelah dilakukan kegiatan penyuluhan terjadi peningkatan aspek pengetahuan sasaran sebesar 16% dan aspek keterampilan sebesar 17%. Faktor yang mempengaruhi terjadinya peningkatan perubahan perilaku yaitu umur dan tingkat pendidikan. Umur responden mayoritas termasuk golongan muda (22-35) dan tingkat pendidikan sasaran (pengelola Doesoen Kakao) mayoritas perguruan tinggi. en_US
dc.publisher Polbangtan Malang en_US
dc.relation.ispartofseries Laporan Tugas Akhir;L.310-23078
dc.subject Research Subject Categories::FORESTRY, AGRICULTURAL SCIENCES and LANDSCAPE PLANNING en_US
dc.subject Doesoen Kakao, TikTok, Peningkatan Penjualan en_US
dc.title Peningkatan penjualan aneka produk olahan cokelat menggunakan media online tiktok di Doesoen Kakao kecamatan Glenmore kabupaten Banyuwangi en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • TA 2023
    Tugas Akhir Mahasiswa Lulusan 2023

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account