dc.description.abstract |
Fridha Asmi Ananda, NIRM 04.01.19.333, Peningkatan penjualan aneka
produk Olahan Cokelat Menggunakan Media Online TikTok di Doesoen Kakao
Kecamatan Glenmore Kabupaten Banyuwangi. Pembimbing Sutoyo, S.P, MP dan
M. Saikhu ,S.P, Magr. Sektor olahan cokelat merupakan salah satu keunggulan
olahan pertanian yang ada di banyuwangi, Agrowisata Doesoen Kakao
Kecamatan Glenmore menjadikan produk olahan cokelat sebagai salah satu
keunggulan produk yang tersedia di Doesoen Kakao. Namun adanya potensi
peningkatan penjualan yang masih belum dikembangkan dalam cara
mempromosikan produk olahan cokelat. Tujuan pelaksanaan kajian adalah 1)
Mengetahui penggunaan Media Online TikTok dalam peningkatan penjualan, 2)
Mengetahui proses pembuatan serta penggunaan Media Online TikTok serta fitur
TikTok Shop sebagai peningkatan penjualan, 3) Mampu menyusun rancangan
penyuluhan tentang proses pembuatan serta penggunaan Media Online TikTok
serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan penjualan, 4) Mengetahui
peningkatan pengetahuan dan keterampilan dalam proses pembuatan serta
penggunaan Media Online TikTok serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan
penjualan.
Pelaksanaan kajian dilakukan di Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore
pada bulan Februari sampai bulan Maret 2023. 1) Metode penelitian yang
digunakan adalah diskriptif kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan Teknik sampling jenuh 2) Penyusunan rancangan penyuluhan
bertujuan agar pengelola Doesoen Kakao mengetahui proses pembuatan serta
penggunaan Media Online TikTok serta fitur TikTok Shop sebagai peningkatan
penjualan dengan menggunakan metode diskusi dan pendekatan kelompok. Alat
bantu yang digunakan yaitu PPT dan benda nyata (TikTok), 3) Evaluasi
Penyuluhan diukur untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan
dengan metode analisis deskriptif kuantitatif
Hasil pelaksanaan tugas akhir adalah 1) Terdapat perbedaan yang
signifikan antara rerata penjualan aneka produk olahan cokelat sebelum dan
sesudah pengunaan media TikTok dengan rata-rata sebelum menggunakan
TikTok terjual sejumlah 8 produk per harinya dan rata-rata setelah menggunakan
TikTok tejual 12 produk perharinya, 2) Proses pembuatan serta menggunakan
media TikTok Shop untuk mempromosikan aneka produk olahan Cokelat di
Doesoen Kakao Kecamatan Glenmore ini disesuaikan dengan prosedur atau
langkah-langkah yang telah dibuat, 3) Penyusunan rancangan penyuluhan terdiri
dari 4 aspek yaitu Materi, Metode, media, serta evaluasi yang dilakukan yaitu
evaluasi peningkatan aspek pengetahuan dan keterampilan, 4) Setelah dilakukan
kegiatan penyuluhan terjadi peningkatan aspek pengetahuan sasaran sebesar
16% dan aspek keterampilan sebesar 17%. Faktor yang mempengaruhi terjadinya
peningkatan perubahan perilaku yaitu umur dan tingkat pendidikan. Umur
responden mayoritas termasuk golongan muda (22-35) dan tingkat pendidikan
sasaran (pengelola Doesoen Kakao) mayoritas perguruan tinggi. |
en_US |