Tingkat Kepuasan Anggota Gapoktan PUAP Terhadap Pelayanan Gapoktan PUAP

Show simple item record

dc.contributor.author Rustandi, Yudi
dc.date.accessioned 2020-03-11T13:28:55Z
dc.date.available 2020-03-11T13:28:55Z
dc.date.issued 2020-03-10
dc.identifier.issn 1412-4866
dc.identifier.uri https://repository.polbangtanmalang.ac.id/xmlui/handle/123456789/415
dc.description.abstract Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan pada bulan Juli -November 2014 di Propinsi Jawa Timur. Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) berdasarkan pertimbangan bahwa Propinsi Jawa Timur merupakan lumbung padi nasional dan merupakan barometer pembangunan pertanian di Indonesia. Lokasi penelitian adalah Kabupaten Banyuwangi, Nganjuk, Kediri dan Blitar. Alasan pemilihan kabupaten tersebut adalah berdasarkan data dan rekomendasi dari BPTP Jawa Timur bahwa kabupaten tersebut merupakan kabupaten yang Gapoktan berprestasi. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui tingkat kepuasan anggota Gapoktan PUAP terhadap pelayanan Gapoktan PUAP di Propinsi Jawa Timur, melalui analisis atribut kualitas Gapoktan PUAP Jawa Timur berdasarkan tingkat kepentingan dan kepuasan anggota Gapoktan PUAP, 2) menganalsis strategi penguatan kapasitas Kklompoktani berdasarkan persepsi dan harapan anggota Gabungan Kelompoktani di Propinsi Jawa Timur. Analisis data yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan anggota GAPOKTAN terhadap pelayanan GAPOKTAN di Propinsi Jawa Timur menggunakan analisis Customer Satisfaction Index, sedangkan untuk menentukan strategi peningkatan kapasitas gabungan Kelompoktani di Propinsi Jawa Timur menggunakan metode analisis Importance Performance Analysis (IPA) Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1) Tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan adalah 73,80 Artinya pengguna merasa puas atas kinerja pelayanan pengurus Gapoktan PUAP di Jawa Timur tetapi kinerja yang diberikan belum maksimal, 2) Untuk peningkatan kualitas layanan Gapoktan PUAP di Jawa Timur, pihak pengurus Gapoktan barns segera memperbaiki atribut sebagai berikut : a) tampilan ruang kantor Gapoktan yang lebih tertata, bersih dan rapi, b) pelayanan Gapoktan harus sudah berbasis komputer, c) pelayanan petugas sesuai watu yang telah ditentukan, dan d) pelayanan karyawan gapoktan dalam memberikan informasi tentang peluang-peluang usaha tani. en_US
dc.language.iso en_US en_US
dc.publisher Agriektensia Juli 2016 en_US
dc.subject GAPOKTAN, PUAP, tingkat kepuasan anggota en_US
dc.title Tingkat Kepuasan Anggota Gapoktan PUAP Terhadap Pelayanan Gapoktan PUAP en_US
dc.type Peer Review en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Peer Review
    Berisi Kumpulan Hasil Penilaian Karya ilmiah

Show simple item record

Cari


Advanced Search

Browse

My Account